Rabu, 26 Februari 2014

Tugas 9


Sistem Komputer
       Empat komponen dalam system computer :
1.1   Pemproses
- Berfungsi untuk mengendalikan operasi computer dan melakukan fungsi pemprosesan data.
- Pemprosesan melakukan operasi logika dan mengelola akan data dengan membaca intruksi dari memori dan mengeksekusinya 
Langkah-langkah pemprosesan
a.       Mengambil instruksi dan memori
b.      Mendekode instruksi menjadi aksi sederhana
c.       Melakukan aksi
1.       Tipe operasi computer
a.       Operasi aritmatika (ADD, SUBTRACT, MULTIPY, DIVDE)
b.      Operasi logika (OR, AND, XOR, INVERTATION)
c.       Operasi pengendalian (LOOP, JUMP)

Pemprosesan terdiri :
a.       ALU (Aritmatic Logic Unit)
Berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika
b.      CU (Control Unit)
Berfungsi untuk pengendalian operasi yang dilaksanakan system computer.
c.       Register-register
Berfungsi untuk
  • Membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan pemproses. 
  •  Sebagai memori yang bekerja secara tepat, biasanya untuk tempat operand-operand dari operasi yang dilakukan. 
  •  Terbagi menjadi register dan register alamat . 
  •  Register data terdiri dari general dan special purpose register.
  • Register alamat berisi 
a.       Alamat data di memori utama
b.      Alamat instruksi
c.       Alamat untuk perhitungan alamat lengkap
Contoh register indeks, register penunjuk segmen, register penunjuk stack, register penanda (flag)
               

Pemrosesan melakukan tugasnya dengan mengeksekusi instruksi-instruksi di  program dengan mekanisme instruksi sebagai berikut.
a.       Pemroses membaca instruksi dari memori(fetch)
b.      Pemroses mengeksekusi instruksi (execute)

          Eksekusi  program berisi pengulangan fetch dan execute. Pemrosesan satu instruksi disebut satu siklus instruksi (instruction cycle)





































Text Box: Start
Text Box: Fetch
Text Box: Execution
Text Box: Halt










 











1.1   Memori
a.       Berfungsi untuk menyimpan data dan program
b.      Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energy (listrik) dihentikan.
c.       Konsep program tersimpan (stored program concept), yaitu program (kumpulan instruksi) yang disimpan disuatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi tersebut dieksekusi.
d.      Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar eksekusi dilkukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada lapisan berkecepatan akses lebih tinggi kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system.

Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses.
a.       Register (tercepat)
b.      Chace memori
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal di banding memori utama Chace memory adalah diantara memori utama dan register, sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di chace memory kecepatan aksesnya lebih tinggi.
c.       Main Memory
d.      Disk chace (buffering)
Bagian memori utama untuk menampung data yang akan ditransfer dari ke perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder, buffering dapat mengurangi frekuensi pengaksesan dari /ke perangkat ,masuk/keluar  dan penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja system.
·         Magnetic disk
·         Magnetic tape, optical disk (terlambat)
1.2   Perangkat masukan dan keluaran (I/O)
a.       Adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board atau card.
b.      Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen lainnya melalui bus.
c.       Controller mempunyai register-register untuk pengendaliannya yang berisi status kendali.
d.      Tiap controller dibuat agar dapat dialamati secara individu oleh pemroses sehingga perangkat lunak device dapat menulis ke register-registernya sehingga dapat mengembalikannya.
e.      System operasi lebih berkepentingan dengan pengendali di banding dengan perangkat fisik mekanis.
f.        Lingkungan eksternal dapat di antamuka  (interface) dengan beragam perangkat seperti:
·         Perangkat penyimpan sekunder.
·         Perangkat komunikasi
·         Terminal
1.3   Interkoneksi antara komponen
1.       Adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan antar komponen dalam system computer yang disebut bus.
2.       Bus terdiri tiga macam yaitu:
a.       Bus alamat (address bus)
Berisi 16, 20, 24 jalur sinyal atau lebih CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin di tulis atau dibaca di bus ini jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur








































 
Text Box: Execution
Text Box: Execution


Tidak ada komentar:

Posting Komentar